Industri musik merupakan sebuah dunia yang memiliki banyak “pemain”. Di dalamnya, Anda akan bertemu dengan banyak musisi lain turut meramaikan industri tersebut. Setiap saat, pencipta lagu harus terus produktif dan meningkatkan kemampuan diri agar tetap mencolok dalam berkarya. Dengan karya lagu yang hits, maka akan membuat musisi terus bertahan dalam industri.
Namun, untuk bertahan di industri musik tanah air, tidak hanya bakat atau kemampuan saja yang jadi sandaran. Musisi juga harus pandai-pandai memperlakukan musik sebagai sebuah produk bisnis. Mereka wajib mengenal dan menentukan segmentasi, atau pasar atas produk karya lagunya. Nantinya setelah sukses dan berhasil dengan lagunya, maka beralih ke konser musik, tentunya dalam hal ini, musisi industri harus mampu menjinakkan penonton konser agar penonton puas dan terhibur.
Pergerakan pencipta lagu dari dalam studio rekaman hingga merilis karya ke tengah masyarakat dan punya efek domino yang berkesinambungan, inilah yang disebut sebagai musisi industri. Selanjutnya, musisi yang terus eksis dengan karya lagunya, dan melewati satu dasawarsa di industri musik Indonesia maka, secara otomatis akan mendapat banyak pengalaman dari industri musik itu sendiri.
Dalam proses perjalanannya akan mengalami “asam garam” dalam pengalaman. Pasang surut dan jatuh bangun, justru menjadikan si musisi pencipta lagu tahan banting dari kondisi apapun. Di balik semua itu para musisi pencipta lagu menjadi tahu akan dirinya dan industri musik itu sendiri.
Salam Kekinian,
RK
Mau tau berita lainnya, baca disini